Custom Search

Sabtu, 14 Februari 2009

Anda pernah mengetikkan suatu kata di search engine? (misalnya di Google). Setelah anda mengetikkan suatu kata disana pasti anda nanti memperoleh informasi tentang kata yg anda ketikkan itu yang nanti akan menuju ke beberapa website. Inilah yang namanya kata kunci atau istilah kerennya “keyword”.

Setelah anda menentukan ide dalam membangun sebuah website atau blog, maka kata kunci ini teramat sangat penting sekali dan merupakan pondasi untuk website anda. Bayangkan jika dalam website anda disana anda menjual baju kebaya, lalu ada yang mengetikkan kata kunci “baju kebaya” di google dan website anda dihalaman depan itu..waaahhh ndak usah promosi nanti pengunjung ke website anda buanyaak bangeet.

Kata kunci itu ibaratnya suatu pasar kalau di internet. Kalau di dunia nyata misalnya pasar glodok, pasti disana banyak sekali toko yang jualan. Nah kalau di internet kata kunci itu adalah pasarnya trus website atau blog itu adalah toko onlinenya. Coba aja anda klik di http://www.google.com/ tuliskan “baju kebaya” anda pasti liat lebih dari 100.000 website yang membahas tentang baju kebaya. Nah itulah saingan kita di pasar “baju kebaya”.

Selain itu kita juga harus tau banyak atau tidaknya kata kunci itu dicari orang. Sama halnya juga dengan pasar di dunia nyata kita harus tau pasar itu banyak pengunjungnya atau tidak. Percuma dong kita jualan disana trus ndak ada yang mampir di pasar itu. Untuk mengecek banyaknya pencari kata kunci itu anda bisa liat di https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal lalu tulis kata kunci yang ingin anda ketahui.

Nah sekarang anda sudah tau dan bisa menganalisa kata kunci mana yang bagus. Tentunya kata kunci yang pencarinya banyak tapi saingannya sedikit, dan ini namanya kata kunci “niche market”. Kata kunci inilah yang nantinya sebagai pondasi dari website atau blog yang anda bangun. Dan anda bisa mencari sebanyak2nya kata kunci “niche” sesuai dengan topik website anda.

Setelah anda mendapatkan beberapa kata kunci tersebut, berarti anda sudah punya pondasi buat website yang akan anda bangun. Selanjutnya anda tinggal mencari content (artikel, video, audio) sesuai kata kunci yang anda dapatkan yang nanti ada posting di blog atau website anda.

Tidak ada komentar:

Custom Search